Selasa, 24 Agustus 2010

Jalur Lingkar Nagreg

Peta Jalur Mudik - Sebelum digunakan mudik Lebaran, jalur lingkar Nagreg akan diuji coba tanggal 28 dan 29 Agustus 2010. "Jalur Lingkar Selatan Nagreg akan diuji coba selama dua hari dari tanggal 28 hingga 29 Agustus 2010 sebelum digunakan pada H-10," ujar Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jabar, M Guntoro, di Gedung DPRD Jabar, Senin (23/8).

Jalur Mudik - Guntoro mengatakan, dalam uji coba tersebut hanya kendaraan roda empat dan dua yang diperbolehkan melintasi jalur tersebut selama uji coba dilakukan. "Semua kendaraan bisa melintasi jalur tersebut kecuali kendaraan besar seperti tronton dan truk fuso," ujar Guntoro.

Guntoro mengatakan, jalur lingkar selatan Nagreg sepanjang 5,1 kilometer ditargetkan bisa dilalui kendaraan pemudik pada H-10. Sementara itu, Dinas Perhubungan Pemprov Jabar dalam menghadapi arus mudik di Lingkar Nagreg sedang melakukan pengaturan traffic light dan rambu lalu lintas.

"Untuk kesiapan menghadapi mudik tahun ini, sedang disiapkan rambu-rambu lalulintas dan traffic light di Nagreg," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Dicky Saromi.

Dicky mengatakan, untuk melayani pemudik tidak hanya di jalur Nagreg saja tapi pihaknya sudah minta ke Kementerian Perhubungan agar ada penambahan fasilitas seperti jembatan timbang di rest area di jalan tol yang dilalui sebagai jalur mudik di Jabar.

Selain penambahan fasilitas penunjang, kata Dicky, beberapa ruas jalan di Jabar juga sedang diperbaiki untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2010.

"Kami berharap, H-7 ruas jalan yang diperbaiki seperti Nagreg, Jalan Tol Cikarang, jalur Pantura sudah bisa digunakan untuk arus mudik maupun balik Idul Fitri," ujarnya.

Dishub Jabar menyiapkan empat jalur alternatif utama yang bisa dilalui pemudik yaitu jalur Puncak, (Puncak-Jongol-Cariu-Cilengsi), jalur Nagreg yakni Nagreg (-Cijapati -Cicalengka), jalur Subang (Cikamurang-Subang-Cijelag) dan jalur Indramayu (Jatitujuh-Cikamurang.).

Diky mengharapkan, keempat jalur alternatif bisa mengurangi kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2010.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar